Bermain Gadget Pada Malam Hari Ternyata Bisa Buat Kesehatan Si Kecil Menurun

Suatu hal yang menjadi kebiasaan yang sering kali dilakukan oleh anak-anak di malam hari sembari belajar adalah bermain dengan gadget. Hal inilah yang membuat sebagian orang mengeluhkan dengan menurunnya prestasi anak yang cukup signifikan karena penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 68% anak di dunia menghabiskan malam dengan bermain gadget. Kebiasaan bermain gadget semacam ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan fisik ataupun psikis buah hati ketika dilakukan secara terus menerus dan kebiasaan bermain gadget yang memberikan pengaruh buruk semacam ini juga telah diteliti oleh pihak ilmuan di dunia seperti halnya yang dikutip dari website mirror.co.uk.

Dalam penelitiannya, kebiasaan bermain gadget pada anak-anak akan mengarah pada terjadinya insomnia karena kualitas tidur yang menjadi lebih buruk karena waktunya difokuskan pada perilaku pengecekan timeline pada media sosial ataupun lainnya. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi anak anda untuk selalu menjaga durasi tidur dengan selalu membiasakan untuk tidur selama 10 jam dan jika rentang waktu tersebut tidak terpenuhi, maka peluang anak untuk terjangkit suatu penyakit sangatlah besar.

gadget-saat-malam

Ternyata, kebiasaan bermain gadget pada malam hari yang berlebih juga mampu mempengaruhi psikologi anak juga. Dengan kata lain, anak yang dibiarkan menghabiskan waktu belajarnya dengan bermain gadget akan mengalami perubahan perilaku seperti halnya kecenderungan untuk bersikap egois, manja, mudah resah ataupun mudah marah. kebiasaan bermain gadget ini tentunya juga akan mempengaruhi prestasi belajar si kecil, karena waktu belajar akan terbuang sia-sia.

Terkait dengan kebiasaan bermain gadget, sebuah studi yang melibatkan 2,750 siswa di Amerika menyatakan bahwa sebanyak 25% anak-anak merasa lelah di siang hari karena kurangnya durasi tidur dalam setiap malamnya dan salah satu alasan menurunnya kualitas tidur ini dikarenakan oleh kebiasaan bermain gadget.

Selain itu, seperti yang disebutkan di atas, jika 68% anak mengalami kesulitan konsentrasi belajar dan menjadikan dirinya mengantuk selama di sekolah sedangakn sisanya atau 32% anak dilaporkan mengalami gangguan fisik dan psikis karena kebiasaan buruk bermain gadget ini. Hal semacam ini juga dinyatakan oleh Mike Bucham yang merupakan praktisi kesehatan terkait dengan anjuran setiap orang tua untuk membatasi permaian gadget setiap siang ataupun malam hari.

Hal lain yang mengarah pada kondisi yang buruk atas kebiasaan bermain gadget adalah adanya radiasi sinar yang dipancarkan oleh gadget, juga akan memperburuk kesehatan anak tersebut apalagi dilakukan pada malam hari dan dalam kondisi ruangan yang gelap seperti di kamar. Dengan adanya hal buruk semacam ini, maka sebagai orang tua yang bijak, anda dituntut untuk membatasi penggunaan gadget pada anak dan selalu mendampingi anak untuk tetap fokus pada aktivitas malam yang harus dilakukannya.

Baca Juga : 4 Tanda Kehamilan Bunda Memiliki Momongan Kembar

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *