Virus bahaya! Bayi jatuh sakit selepas duduk di troli belanja, apa sebabnya?

Salah satu kebiasaan orang tua yang mengajak anaknya untuk berbelanja di suatu pusat perbelanjaan adalah dengan menempatkan anak tersebut pada sebuah keranjang troly denan maksud supaya anak tersebut masih dalam perhatian ibunya selama melakukan aktivitas berbelanja.

Namun demikian, tahukah kamu jika bahaya duduk di troli belanja bisa mengancam buah hati? Hal semacam inilah yang tidak disadari oleh pihak orang tua terutama ibu dan bahaya duduk di troli belanja ini telah dialami seorang ibu, Viviane yang mengajak Logan (10) bulan berbelanja di Helensvale, Queensland.

bayi-terjangkit-virus-setelah-duduk-di-troli-supermarket

Terkait dengan bahaya duduk di troli belanja ini bermula saat setelah 24 jam kegiatan belanja selesai, Logan ternyata terserang suatu penyakit yang mebuat dirinya menjadi muntah-muntah yang diikuti dengan tingginya suhu badan anak serta diare yang begitu parah.

Bahkan, lebih mencengangkannya lagi diare yang dialami oleh Logan hingga mengeluarkan darah. Adanya bahaya duduk di troli belanja ini selanjutnya dokter yang memeriksa Logan mengatakan bahwa Logan terjangkit virus yang beragam seperti halnya adenovirus, rotavirus, salmonella serta meningitis.

Dalam hal ini, adenovirus merupakan salah satu jenis virus yang akan menimbulkan infeksi pada bagian organ tubuh seperti mata, paru-paru, serta saluran pernafasan. Sedangkan untuk rotavirus ini akan menyebabkan terjadinya infeksi usus yang sering dikenal dengan istilah gastroenteritis akut.

Ternyata, setelah diadakan klarifikasi terkait dengan aktivitas sebelum Logan terserang penyakit ini, Viviane ingat bahwa dirinya mengajak belanja Logan dan menempatkannya pada troli. Bahaya duduk di troli belanja inilah yang menyebabkan Logan jatuh sakit karena memang troli belanja tidaklah bersih dan bahaya untuk anak kecil.

Bahaya duduk di troli belanja ini pada dasarnya bisa diminimalisir dengan adanya tindakan pencegahan yang dilakukan melalui pembersihan troli dengan tisu basah ataupun memberikan alas di mana bayi tersebut akan duduk. Tindakan semacam ini sangatlah baik untuk menghindarkan anak-anak dari bahaya beberapa virus yang kasat mata ini. Oleh sebab itu, mengingat akan bahaya duduk di troli belanja maka, kebersihan harus dijadikan sebagai prioritas utama untuk menjaga kesehatan bayi tersebut.

Mengajak anak yang masih balita untuk melakukan kegiatan di luar harus selalu memperhatiakn kondisi tempat bermain ataupun beraktivitas, apakah aman untuk bayi. Terkait dengan bahaya duduk di troli belanja menyatakan bahwa pihak orang tua harus cerdas dalam menjauhkan setiap barang yang memang banyak mengandung virus ataupun bakteri dari jangkauan anak-anak.

Tentunya terkait dengan peristiwa semacam ini, pihak orang tua tidak bisa menyalahkan pihak lain, namun hal yang paling penting untuk diketahui adalah dengan selalu mengutamakan kesadaran orang tua atas budaya hidup sehat dengan memberikan perlindungan ekstra bagi buah hati.

Baca juga : Gawat ! Makanan Asin Bisa Mempercepat Kematian ? Ini Faktanya

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *