Luar Biasa ! Ini Dia Manfaat Posisi Tidur Miring Kiri yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin sebagian orang akan menganggap posisi tidur sebagai suatu hal yang remeh dan hanya mementingkan faktor kenyamanan. Namun demikian, banyak juga orang yang beranggapan kalau posisi tidur yang paling baik adalah telentang, karena hal ini akan menjaga tulang belakang kamu terhindar dari resiko skoliosis.

manfaat-tidur-miring-kiri

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa posisi tidur miring kiri ternyata juga memberikan pengaruh positif bagi diri kamu dan berikut ini beberapa manfaat posisi tidur miring kiri yang mungkin belum kamu ketahui secara pasti.

  1. Sistem limfa yang terjaga dengan baik

Manfaat posisi tidur miring kiri yang belum banyak diketahui oleh orang adalah terjaganya sistem limfa yang akan memberikan manfaat pada proses pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan bahwa posisi dari duktus torak yang berada di sisi kiri akan bekerja secara optimal ketika kamu tidur dengan posisi semacam ini. Bahkan, dengan cara ini, kamu secara tidak sengaja juga akan mempercepat proses penyerapan nutrisi pada tubuh.

  1. Mengoptimalkan kerja limpa

Seperti yang dijelaskan di atas terkait dengan posisi limpa, maka dengan posisi tidur miring kiri ini, akan membantu dalam mengoptimalkan kerja organ tersebut dalam menyerap setiap sari makanan serta membantu untuk membersihkan darah dari adanya racun. Selain itu, dengan posisi tidur sedemikian rupa ini, maka kinerja limpa tidak akan seberat kinerja pada umumnya.

  1. Sistem penceranaan yang lebih lancar

Selain terkait dengan sistem kerja limpa, posisi tidur miring kiri ini juga memberikan keuntungan yang terkait dengan peranan katup ileocecal yang merupakan sambungan antara usus kecil dan usus besar. Pada bagian yang juga terletak pada posisi kiri ini, akan membantu dalam mempercepat terbuangnya sisa makanan yang dalam penyalurannya berawal dari usus kecil yang selanjutnya dengan adanya gravitasi, maka makanan tersebut akan menuju ke usus besar, sehingga dengan posisi tidur seperti ini proses pembuangan akan berjalan dengan lebih cepat.

  1. Menghindarkan nyeri lambung

Ternyata, bagi kamu yang sering kali mengeluhkan nyeri pada bagian ulu hati di tengah malam bisa diatasi dengan mencoba untuk menerapkan posisi tidur miring kiri. Dalam hal ini, kamu akan membantu untuk menghindarkan makanan yang telah dicerna untuk kembali masuk ke dalam esophagus yang hal ini merupakan penyebab terjadinya nyeri tersebut.

  1. Jantung lebih sehat

Peranan gravitasi ternyata sangatlah besar ketika kamu menerapkan posisi tidur miring kiri. Pada kasus ini, bagian organ tubuh yang berkerja untuk mengatur sirkulasi darah ke seluruh tubuh (jantung) akan melaksanakan tugasnya lebih baik terutama untuk memaksimalkan kinerja aorta serta vena kava inferior dalam mengatur sirkulasi darah.

Ternyata posisi tidur miring kiri mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, akan sangat lebih baik jika anda mulai membiasakan tidur dengan posisi seperti ini. Namun demikian, perlu ditegaskan bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan mendapatkan kenyamanan dengan posisi tidur yang demikian ini dan sebagai solusinya kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan posisi tidur kamu selama ini.

Baca juga : Virus Bahaya! Bayi Jatuh Sakit Selepas Duduk di Troli Belanja, Apa Sebabnya ?

 

 

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *