Tahukah Bunda, 4 Tanda Kehamilan Ini Pertanda Bunda Memiliki Momongan Kembar

Memiliki seorang momongan merupakan anugerah tersebesar yang dirasakan oleh setiap pasangan suami istri. Apalagi jika memiliki bayi kembar, pasti sangat mengesankan serta membahagiakan serta terasa kalau hidup semacam itu sudah sangat lengkap. Tidak ada yang menyadari seseorang akan memiliki momongan kembar, karena pertanda tersebut sangatlah sulit untuk diketahui.

pertanda-kehamilan-kembar

Namun, jangan salah kira kalau seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, pertanda kehamilan bayi kembar ternyata bisa dideteksi sedini mungkin, meskipun hal tersebut tidak selamanya benar dan berikut ini beberapa tanda kehamilan kembar yang bisa bunda jadikan sebagai patokan.

  1. Morning Sickness Parah

Sebuah penelitian menyatakan bahwa tanda kehamilan kembar bisa dilihat dari adanya kemunculan pertanda hamil yang bisa dikatakan cukup parah. Seperti halnya morning sickness yang sangat parah hingga meningkatnya frekuensi ke kamar mandi yang sangat tinggi. Munculnya gejala morning sickness yang sangat parah ini dikarenakan oleh adanya peningkatan kadar protein molekul alfa-fetoprotein serta hormone hCG. Namun demikian, perlu difahami bahwa kondisi semacam ini sangatlah berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya.

  1. Peningkatan Berat Badan yang Drastis

Tanda kehamilan kembar lainnya adalah adanya peningkatan berat badan yang sangat signifikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti halnya bentuk, tinggi serta berat badan orang yang bersangkutan. Namun, pada umumnya peningkatan berat badan pada ibu hamil ini disebabkan oleh peningkatan konsumsi makanan yang berlebih. Di lain sisi, pertanda semacam ini memberikan peluang bagi ibu untuk memiliki bayi kembar.

  1. Ukuran Janin yang Lebih Besar Dibandingkan Usia Gestasi

Perihal lain terkait dengan tanda kehamilan kembar adalah adanya perbandingan antara ukuran janin serta waktu rentang bayi ada di dalam rahim/gestasi. Akan tetapi, hal ini perlu dilakukan suatu pengontrolan yang melibatkan peranan dokter kandungan yang nantinya juga akan melakukan tindakan pengukuran atas jarak fundus serta simfisis pubis. Adanya pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan dan juga berat badan bayi di dalam rahim.

  1. Meingkatnya Pergerakan Bayi di Dalam Rahim

Untuk tanda kehamilan kembar yang selanjutnya, pertanda yang semacam ini didasarkan atas pengalaman para ibu hamil yang melahirkan bayi kembar. Dalam hal ini, menurut sebagian besar wanita hamil kembar menyatakan bahwa tanda kehamilan kembar juga dirasakan ketika pergerakan bayi yang berada di dalam kandungan terasa lebih aktif dibandingan dengan kehamilan pada umumnya dan jika hal ini terjadi, untuk memastikan kebenarannya bunda bisa mengunjungi dokter terkait.

Memiliki bayi kembar merupakan dambaan setiap orang tua, sehingga banyak orang yang memang selalu berusaha untuk mewujudkannya. Tidak mengherankan juga, selama masa kehamilan banyak ibu hamil yang berusaha mengenali tanda kehamilan kembar dengan berbagai cara di atas, meskipun tidak selamanya hal tersebut mutlak kebenarannya. Akan lebih baik jika hal tersebut dikonsultasikan kepada dokter kandungan.

Baca juga : Cara Agar Bayi Cerdas

 

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *