Jenis Makanan Sehat Ibu Menyusui

Mengenal jenis makanan sehat penting sekali untuk diketahui oleh ibu yang sedang menyusui karena memiliki dampak pada bayi yang sedang menyusu ASI. Sudah cukup banyak beredar mitos di masyarakat tentang pantangan makanan bagi ibu yang sedang menyusui.

Kali ini kita akan membahas tentang pola makan yang sehat bagi Ibu yang sedang menyusui agar ASI yang dihasilkan berkualitas dan baik untuk sang bayi.

makanan-sehat-ibu-menyusui

Jenis makanan dan jumlah kalori yang dikonsumsi berpengaruh terhadap kesehatan bagi sang ibu maupun sang bayi. Saat menyusui, Ibu menyusui membutuhkan tambahan sekitar 300-500 kalori atau sebanyak 1/4 jumlah kalori dibandingkan sejak sebelum hamil.

Pada saat sebelum hamil, Ibu membutuhkan 1500-1800 kalori, maka pada saat sedang menyusui, kalori yang dibutuhkan oleh sang Ibu kurang lebih sekitar 2000-2500. Akan tetapi hal ini tetap menyesuaikan dengan jenis pekerjaan dan kecepatan metabolisme tubuh pada masing-masing individu.

Hendaknya sang Ibu tetap menjaga asupan cairan yang masuk ke tubuh, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan Ibu selama menyusui. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) yang disebabkan karena kurang minum. Disarankan agar Ibu menyusui lebih banyak mengkonsumsi air putih, dan juga tambahan seperti susu ataupun jus.

Usahakan untuk mengkonsumsi cairan minimal 10 gelas setiap hari. Dan yang paling penting adalah menghindari minuman beralkohol atau pun kopi karena bisa membuat bayi menjadi rewel.

Untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh, hendaknya Ibu yang sedang menysui makan 3 kali sehari dan ditambah dengan camilan 2 kali diantara waktu makan. Usahakan agar selalu tetap sarapan pagi, karena akan membantu mempertahankan energi Ibu selama beraktifitas seharian.

Makanlah makanan sehat dengan komposisi yang lengkap karbohidrat, vitamin, protein, lemak, serta tidak lupa mengkonsumsi buah. Tingkatkan asupan kalsium pada diet setelah hamil. Produk susu seperti keju, ikan salmon dan makarel bisa sangat membantu.

Pilihlah camilan rendah lemak yang mudah didapat dan dikonsumsi, Kandungan air, vitamin dan seratnya sangat membantu proses menyusui. Buah-buahan potong segar sangat cocok untuk ibu menyusui. Dan mengkonsumsi buah-buahan tetap dapat dilakukan dengan satu tangan pada saat memberikan ASI untuk sang bayi.

Baca Juga : Resep Bubur Tahu Campur Ayam Untuk Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *