Cara Merawat Kulit Bayi Agar Terhindar Dari Iritasi

Pada kulit Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang keriput dan kadang masih terdapat verniks (lemak), oleh sebab itu maka kita harus benar-benar  memahami  bagaimana cara merawat kulit bayi yang baik dan benar.

Verniks ini akan mengelupas dengan sendirinya dalam beberapa hari ke depan. Jadi Bunda tidak perlu menggaruknya, menggosoknya atau memberi berbagai macam lotion kulit untuk melepaskan verniks tersebut,.

cara-merawat-kulit-bayi-agar-terhindar-dari-iritasi

Penggunaan bahan kimia seperti deterjen pada pakaian, pewangi, pelembut dan sebagainya dapat mencetuskan iritasi pada kulit bayi hal ini dikarenakan kulit bayi yang baru lahir sangatlah sensitive. Bisa saja bermacam-macam bentuknya, seperti kulit kekeringan dan kasar, warna kulit kemerah-merahan. Maka oleh karena itu sebaiknya Bunda harus menerapkan perawatan bayi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit sang Bayi.

Pada prinsipnya  sebisa mungkin bunda harus mengurangi paparan bahan kimia pada kulit bayi. Bunda harus mencuci semua baju yang baru dibeli sebelum digunakan oleh si buah hati. Ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang sempat menempel pada baju selama berada di toko atau dalam proses produksinya.

Bunda harus menghindari penggunaan deterjen yang terlalu keras. Selain itu, tidak perlu menggunakan pelembut dan pewangi pakaian saat pencucian dan penyetrikaan pada pakaian Bayi. Sebaiknya Bunda  menyetrika setiap helai baju bahkan popok bayi juga untuk membunuh kuman penyebab penyakit yang belum hilang saat pencucian. Selain itu juga dapat menghindari bayi tergigit serangga kecil seperti semut dan kutu yang bisa jadi berada dalam pakaiannya selama penjemuran. Selama proses pencucian hendaknya semua kebutuhan bayi seperti, baju, popok, selimut dan alas tidurnya sebaiknya bunda pisahkan dengan baju dewasa.

Hal tersebut bertujuan agar Bunda bisa memahami dengan baik bahwa pentingnya kita menjaga selama masa perawatan kulit bayi baru lahir agar terhindar dari berbagai macam bahan kimia. Karena kulit bayi sangat sensitif,  dan juga masih sangat lembut, serta mudah terkena berbagai macam penyakit karena pengaruh bahan-bahan kimia yang terdapat pada pakaian serta peralatan yang kita gunakan.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Kulit Pada Bayi dan Cara Pencegahannya

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *