Cara Merawat Bayi Dari Lahir Hingga Balita

Berikut ini kita akan membahas mengenai perawatan bayi mulai merawat bayi dari lahir hingga balita. Mempunyai bayi yang sehat dan juga lucu merupakan impian setiap ibu di dunia ini, oleh karena itu sebagai seorang ibu kita perlu mengetahui bagaimana cara merawat bayi yang baik untuk perkembangan si buah hati.

cara-merawat-bayi-dari-lahir-hingga-balita

Merawat bayi sebenarnya mudah dan bukan sesuatu yang sulit dilakukan, hanya diperlukan sedikit keahlian khusus dalam melakukan perawatan, seperti kasih saying, ketulusan, kesabaran, dan ketelitian. Bagi para calon ibu dan belum mengetahui bagaimana cara merawat bayi yang benar dan tepat, maka dapat mengikuti cara merawat bayi berikut ini.

Memandikan Bayi

Bagi para calon ibu, memandikan bayi merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika kita tidak mempunyai pengalaman sedikit pun untuk memandikan bayi, untuk itu seorang ibu harus mengetahui bagaimana cara memandikan bayi yang baik dan benar.

Hal utama yang harus dilakukan seorang ibu sebelum memandikan bayinya, adalah terlebih dahulu menyiapkan semua keperluan mandi si buah hati, seperti sabun mandi, shampo, handuk, bedak, wewangian, hingga pakaian si bayi. Kemudian siapkan air hangat (hangat kuku) atau terasa hangat di siku tangan ibu, lalu melepaskan baju bayi secara bertahap. Mulailah memandikan bayi mulai dari daerah wajah, kepala, dada dan lainnya.

Setelah itu bersihkan daerah mata dari luar ke dalam dengan menggunakan kapas yang telah dibasahi.
Basuhlah dari daerah kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung, dan jangan lupa untuk memperhatikan daerah lipatan. Kemudian shampo pada bagian kepala dan sabun pada bagian badan bayi dengan menggunakan waslap yang telah dibasahi dengan air hangat. Lalu, bilaslah dengan air hangat hingga bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut.

Mengangkat Bayi

Bagi para ibu yang belum mempunyai pengalaman sedikit pun mengenai bayi mengangkat bayi bukanlah sesuatu hal yang biasa untuk dilakukan. Untuk itu berikut ini adalah cara bagaimana mengangkat bayi yang baik dan benar. Pertama-tama berdiri menghadap ke arah si Bayi, lalu susupkan satu tangan ke bawah leher dan kepalanya, dan tangan lain ke pantat bayi. Kemudian angkat secara perlahan dengan lembut kearah dada, lalu putar kepalanya ke arah lekukan siku, kemudian sanggah tubuh si buah hati dengan lengan ibu. Sedangkan untuk meletakkannya, pegang kepala dan pantantnya. Terlebih dahulu tarik tangan dari pantat, lalu tarik tangan yang berada di bawah kepala.

Mengganti Popok

Mengganti popok bukanlah hal yang sulit, akan tetapi juga dibutuhkan sedikit keahlian untuk melakukannya, sebab jika tidak dibersihkan dengan benar, kulit bayi bisa menjadi lecet ataupun iritasi. Disarankan untuk mengganti popok bayi setiap kali basah. Jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan daerah bayi yang terkena kencing dengan air bersih ataupun tisu basah lalu keringkan dengan tisu kering atau handuk kecil. Setelah kering, berikan bedak bayi pada daerah lipatan paha dan belakang agar terhindar dari iritasi ataupun kulit lecet.

Merawat Tali Pusar

Pada bayi yang baru lahir, tentu saja masih memiliki tali pusar yang menempel pada tubuhnya, untuk itu kita akan membahas bagaimana cara merawat tali pusar dengan baik dan benar. Setelah selesai mandi, bersihkan sekeliling dan bagian dasar tali pusar dengan kain kasa yang telah dibasahi, lalu keringkan dan membungkusnya kembali dengan kain kasa yang baru. Daerah tali pusar harus selalu tetap bersih dan kering, jangan sampai menutup daerah tersebut dengan popok.

Menidurkan Bayi

Setiap harinya seorang bayi memerlukan waktu tidur sebanyak 16 jam, dengan tidur malam yang gelisah, diselingi beberapa kali bangun. Bayi belum memiliki jadwal tidur yang tetap hingga berusia 5 minggu.Agar dapat membuat bayi merasa lebih nyaman saat tidur, maka sebaiknya para ibu dapat mencoba cara dibawah ini.

  • Mandikan bayi dengan air hangat yang telah ditetesi dengan sabun bayi.
  • Setelah selesai mandi, pijat-pijat bayi secara lembut dengan mengoleskan baby oil atau lotion.
  • Menciptakan suasana yang tenang dan nyaman pada kamar tidur sang buah hati.
  • Sang Ibu bisa mencoba dengan menyanyikan lagu pengantar tidur atau membacakan dongeng, atau membubuhi bayi dengan baby powder.
  • Sebaiknya ibu menggunakan produk bayi yang harumnya menenangkan, namun aman dan telah teruji secara klinis.

Baca juga : Cara Merawat Kulit Bayi Agar Terhindar Dari Iritasi

Tagged: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *